Infest Yogyakarta

Lowongan Pekerjaan: Programmer Aplikasi Tata Kelola Data (PROG JKN)

Cover Image for Lowongan Pekerjaan: Programmer Aplikasi Tata Kelola Data (PROG JKN)

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu itu penting dalam akses masyarakat terkait pelayanan kesehatan. Program yang diselenggarakan di skala nasional ini dinilai masih dikelola secara tertutup. Partisipasi masyarakat masih diabaikan, terutama dalam penentuan penerima bantuan iuaran (PBI). Minimya peran masyarakat untuk turut menentukan dan memberikan masukan penerima PBI ini menutup ruang koreksi atas data yang digunakan dalam implementasi JKN ini sendiri.

Koalisi Open Data Forum Indonesia (ODFI) memandang perlunya adanya kebijakan “open data” yang digunakan dalam pengelolaan PBI JKN. Koalisi yang terdiri dari Yayasan Tifa, Medialink, IBC, Infest, ICW dan ICJR ini memandang partisipasi menjadi salah satu kunci dalam upaya penentuan PBI agar tepat sasaran. Partisipasi menjadi kunci selain keterbukaan yang diperdengarkan sebagai salah satu aspek lain yang dibutuhkan.

Partisipasi masyarakat diharapkan semakin berkualitas apabila, pertama, pemerintah memiliki dan mengimplementasikan kebijakan open data JKN, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh dan memanfaatkan data tersebut. Open data tersebut juga memudahkan masyarakat mengakses informasi mengatasi hambatan prosedural dalam UU KIP (bahwa tidak seluruh informasi dibuka secara proaktif). Kedua, akses informasi juga semakin mudah apabila terdapat model saluran informasi yang menjembatani publikasi data oleh pemerintah dan mendekatkan dan memudahkan pemahamannya ke masyarakat. Dengan begitu, literasi informasi di tingkat masyarakat juga semakin baik dan meluas.

INFEST bersama dengan ODFI dalam rangka upaya mendorong implementasi Open Data pada pelayanan JKN bermaksud untuk menyusun aplikasi berbasis website yang akan digunakan oleh komunitas untuk mengelola data penerima PBI berbasis partisipasi masyarakat. Data tersebut akan menjadi salah satu elemen usulan partisipatif warga kepada pemerintah dan pengelola JKN.

Guna kebutuhan tersebut, Infest Yogyakarta dengan ini membuka peluang bagi perseorangan yang ingin berkarir sebagai programmer di Infest Yogyakarta untuk terlibat dalam proses ini. Rincian posisi yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

Posisi: Programmer (Prog JKN)

Durasi: 5 Bulan (dapat diperpanjang)

Lokasi: Yogyakarta

Spesifikasi Pekerjan

  1. Menyusun aplikasi;
  2. menyusun bisnis model aplikasi;
  3. memeriksa sekuritan dan menyempurnaan aplikasi berbasis masukan pengguna.

Kualifikasi yang dibutuhkan 

  1. Menguasai bahasa pemrograman PHP dan YiiFramework;
  2. Menguasai pengelolaan Database Management System (DBMS) PostgreSQL;
  3. Mampu menerjemahkan model rancangan ke dalam bentuk kode program;
  4. Biasa menggunakan versioning control Git.
  5. Menguasai jQuery, Bootstrap

Lamaran dapat dikirimkan ke office@infest.or.id selambat-lambatnya pada 10 Januari 2015. Surat lamaran disampaikan dengan kode MMO dan melampirkan:

  1. Riwayat Hidup dan pekerjaan (CV)

Lamaran dapat juga dikirimkan ke alamat:

Infest Yogyakarta

Jl. Veteran Gg. Janur Kuning 11 A Pandeyan UH Yogyakarta 55121

Telp/fax (0274) 372378 | email: office[at]infest.or.id

Kandidat yang memenuhi kriteria akan diundang untuk wawancara kerja.


Artikel Terkait