Muhammad Khayat

Lowongan: Staf Manajer Keuangan INFEST

Cover Image for Lowongan: Staf Manajer Keuangan INFEST

Yayasan lembaga kajian untuk pengembangan pendidikan, sosial, agama, dan budaya (INFEST) berdiri sejak 2009 yang memiliki visi untuk mempercepat demokratisasi dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Yayasan INFEST tengah mencari kandidat untuk menduduki posisi manajer keuangan untuk bekerja di Area Yogyakarta. Manajer keuangan akan bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan lembaga, termasuk keuangan hibah, kegiatan non-hibah dan operasional keuangan harian Yayasan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Staf terpilih akan melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Mengembangkan pengetahuan di bawah tim keuangan bersama direktur dan manajer program di dalam isu-isu keuangan;
  2. Memandu pengembangan tim keuangan dalam merencanakan pengelolaan anggaran tahunan;
  3. Memperkuat kapasitas staf dan tim pelaksana program lainnya dalam pengelolaan keuangan dalam pelaksanaan program;
  4. Mengembangkan dan memeriksa model dan pelaporan performa keuangan terhadap anggaran tahunan, perkiraan keuangan periodik, dan indikator secara akuntabel;
  5. Menganalisa performa keuangan bulanan terhadap prakiraan dan anggaran, menginvestigasi isu keuangan, mengkomunikasikan temuan isu, dan menyusun rekomendasi kepada manajer program dan direktur;
  6. Memeriksa, mengevaluasi, dan memberikan persetujuan setiap pengajuan keuangan staf dalam pelaksanaan kegiatan program;
  7. Menyiapkan laporan keuangan kepada lembaga donor sesuai dengan standar dan SOP yang diberlakukan oleh masing-masing lembaga donor;
  8. Komunikasi kepada lembaga donor terkait keuangan, pelaporan dan implementasi program yang terkait dengan aspek keuangan dengan sepengetahuan manajer program terkait dan direktur;\
  9. Memperbaiki data keuangan, sistem, panduan, dan pelaporan keuangan bersama tim; dan
  10. Mempersiapkan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan audit keuangan program dan kelembagaan.

Kualifikasi Pendidikan dan Pengalaman

Syarat utama dalam lowongan ini dikhususkan bagi perempuan.

Pendidikan formal dan non formal

  1. Pendidikan formal kandidat diutamakan adalah minimal sarjana ekonomi akuntansi, tapi tidak menutup kemungkinan bagi lulusan sarjana ekonomi pembangunan, ekonomi bisnis, dan rumpun ilmu ekonomi lainnya dapat melamar dengan mempertimbangkan aspek di bidang pengelolaan keuangan;
  2. pendidikan non formal mencakup pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti oleh kandidat seperti pelatihan auditor, manajemen risiko keuangan, pelatihan manajemen proyek dan lainnya yang relevan.

Pengalaman

  1. Pengalaman kerja minimal tiga tahun di perusahaan profit atau organisasi masyarakat sipil;
  2. menguasai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45;
  3. berpengalaman dalam mengembangakan kebijakan, prosedur dan sistem keuangan di dalam sebuah perusahaan atau lembaga;
  4. Memahami aplikasi-aplikasi keuangan secara mendalam seperti Sango, Database, Spreadsheet dan lainnya;
  5. berpengalaman dalam mengurus sub kontraktor lembaga;
  6. mampu mempresentasikan dan memfasilitasi ide dan gagasan di depan tim;
  7. berpengalaman dalam pelaksanaan proyek;
  8. mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas proyek (memiliki inisiatif);
  9. mampu melakukan monitoring dan evaluasi proyek;
  10. memiliki kapasitas penyelesaian masalah keuangan yang kuat; dan
  11. memiliki pengetahuan terkait dengan standar biaya umum (SBU) dan pengembangan budget berbasis SBU;

Kompetensi Inti

  1. Mampu menulis bahasa Indonesia sesuai dengan PUEBI;
  2. memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah keuntungan;
  3. memiliki wawasan kesetaraan gender;

Kompetensi Manajerial

  1. Mampu bekerja secara individu dan tim secara harmonis yang berasal dari pelbagai budaya dan latar belakang;
  2. mampu bekerja berdasarkan target dan output yang terukur dan tepat waktu;
  3. senantiasa terus belajar dan bersedia membagikan pengetahuan dan pengalaman kepada tim dan organisasi;
  4. mampu mengoperasikan Libre Office (atau aplikasi sejenis), Google Drive dan Monday Management Tool (opsional); dan
  5. mampu menyesuaikan diri

Bahasa dan Keterampilan

  1. Memiliki kecakapan dalam menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan;
  2. mampu berkomunikasi dengan jelas dan mudah dipahami.

Durasi Kerja

Kandidat terpilih akan bekerja mulai Mei April hingga 31 Desember 2021 (9 bulan) sebagai kontrak awal dan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan pencapaian kerja hingga 31 Desember 2023.

Lainnya

Jika kandidat telah diterima, persyaratan medis harus diambil sebelum memulai kerja, misalnya dengan mengambil tes antigen yang menyatakan negatif SARS Covid-19. Pembiayaan atas tes medis tersebut dapat dibiayai oleh Yayasan INFEST.

Tata Cara Melamar

Calon pelamar perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut ini untuk proses perekrutan:

  1. Surat lamaran yang ditujukan kepada direktur INFEST;
  2. daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yang terbaru dan memuat setidaknya 2 pemberi referensi yang dapat dan bersedia dihubungi.

Pengiriman berkas dapat dilakukan melalui pranala: https://s.id/A6Z-K. Penerimaan berkas berlangsung hingga 30 April 2021. Yayasan INFEST akan menghubungi kandidat yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang diharapkan.

Click to Apply


Artikel Terkait