Infest Yogyakarta

Pegiat Infest Dukung Penguatan Kapasitas Tim Media Borneoclimate

Cover Image for Pegiat Infest Dukung Penguatan Kapasitas Tim Media Borneoclimate

Suasana magang tim media Borneoclimate di kantor Infest Yogyakarta

Jogja — Pegiat Infest memberikan dukungan kepada pengelola borneoclimate.info. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9-12 oktober 2012 di kantor Infest Yogyakarta. Kegiatan ini berupa penguatan kapasitas pengelola media borneoclimate yang magang di kantor infest Yogyakarta.

Rahmayati, pegiat Pokker SHK dan Norhadi Karben, Warga Mentangai Hulu adalah dua delegasi dari tim media borneoclimate yang dikirim untuk magang. Dengan dipandu oleh Fathulloh Muzammiel dan Mohammad Khayat, keduanya pegiat Infest Yogyakarta, selama empat hari proses magang mereka diajak untuk belajar bersama tentang manajemen redaksi, perencanaan dan pengelolaan SMS Gateway, Membuat daftar kebutuhan informasi website dan praktek keredaksian.

Menurut Fathulloh, magang ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dari Tim Media  tentang isu (Redd+), penguasaan alat, cara komunikasi yang baik dengan pelbagai pihak (pemerintah, masyarakat, NGO) dan penyampaian pelbagai konten kepada masyarakat melalui media sosial.

Senada dengan Fathulloh,  Mohammad Khayat (24), juga menekankan pentingnya pengetahuan alat bagi pengelola media borneoclimate, utamanya pengetahuan teknis bagaimana mempublikasikan pelbagai data multimedia melalui portal. Baik berupa data video maupun data audio.

“Publikasi pelbagai data sangat diperlukan dalam menguatkan informasi yang diberikan. Untuk itu pengelola borneoclimate harus menguasai pengetahuan teknisnya. Selain itu dalam magang kali ini juga dilakukan perbaikan bersama beberapa kutu (celah kesalahan) yang ditemukan dalam portal borneoclimate” ujar Khayat.

Sebagai tindak lanjut dari magang, keduanya memperoleh beberapa pekerjaan rumah untuk perbaikan pengelolaan portal borneoclimate, diantaranya: Menginputkan file video/audio ke dalam portal borneoclimate, Latihan membuat berita dari pesan/sms warga yang masuk, memaksimalkan kerja jejaring sosial facebook dan twitter, Otomatisasi Retweet dari SMS Warga ke twitter borneoclimate, penambahan combo pengguna untuk admin  pada Halaman di kabar kampung, menambahkan detail pengiriman yang masuk, dan Costumize Pencarian.


Artikel Terkait