Infest Yogyakarta

Dukungan Portal Komunitas untuk Sanggar Nuun

Cover Image for Dukungan Portal Komunitas untuk Sanggar Nuun

Infest melalui Program Portal Komunitas menggelar pelatihan pengelolaan informasi bagi komunitas kesenian Sanggar Nuun (06/03/2011). Kelas belajar yang diikuti delapan pegiat Sanggar Nuun tersebut dilaksanakan di kantor infest, Desa Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Kelas pengelolaan informasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memproduksi dan mengelola informasi dari pelbagai kerja seni yang dilakukan pegiat Sanggar Nuun. Menurut Fathulloh (25), fasilitator pelatihan, sebuah komunitas harus rutin memproduksi informasi dari setiap kegiatan yang dilakukan, selain menjadi dokumentasi, informasi yang terkelola dengan baik akan membantu komunitas untuk menyusun secara rinci pengetahuan  yang lahir dari setiap kerja seni yang mereka lakukan.

Pada kelas belajar ini, pegiat Sanggar Nuun mencoba memetakan apa itu informasi, bagaimana proses daur ulangnya, bagaimana menulis informasi kesenian, dan dilanjutkan dengan pembelajaran teknis pengelolaan informasi di website Sanggar Nuun.

“Jika Sanggar telah memiliki portal http://sanggarnuun.or.id maka, konsekuensi logisnya adalah konten yang diunggah secara rutin, karena portal atau website adalah representasi proses kerja seni dan pengetahuan yang sedang berlangsung di sanggar,” tutur Fathulloh.

Program Portal Komunitas yang dikembangkan infest melalui pembangunan portal (website) komunitas dan pelatihan kelola informasi diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pegiat Sanggar Nuun dalam pengelolaan informasi. Melalui kelas belajar yang digelar secara rutin, pelbagai informasi dan pengetahuan tentang kesenian dan kebudayaan dapat disebarluaskan pada Masyarakat.

[wpgmappity id=”1″]


Artikel Terkait