Infest Yogyakarta

Desa Pancasan Menuju Desa Dijital 2012

Cover Image for Desa Pancasan Menuju Desa Dijital 2012

Perangkat Desa Pancasan "Lembur" Menata Data Desa

Perangkat Desa Pancasan "Lembur" Menata Data Desa

Banyumas — Difasilitasi Irsyadul Ibad (29), Direktur Infest Yogyakarta, Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mulai melakukan pengisian data kependudukan untuk perbaikan tata kelola pelayanan publik di desa. Menggunakan aplikasi Mitra Desa yang dirancang oleh Infest Yogyakarta dan Gerakan Desa Membangun (GDM), Desa Pancasan menuju desa dijital atau yang dikenal dengan istilah desa 2.0.

Penggunaan Mitra Desa diharapkan menjadi alat bantu perubahan di desa Pancasan. Tidak hanya menyajikan pelayanan prima melalui pelayanan surat yang lebih mudah, Desa Pancasan juga akan memulai mengupayakan perbaikan standar pelayanan dan keterbukaan informasi. Menurut Achmad Munawwar (52), Kepala Desa Pancasan, peningkatan pelayanan publik dan keterbukaan informasi akan menjadi tujuan strategis pembangunan desa. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat Desa Pancasan diharapkan dapat menerima pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditentukan.

“Mitra Desa 1.0 ini sangat membantu pelayanan tentunya. Kami akan juga terus berupaya menyajikan pelayanan prima, sekaligus keterbukaan informasi” tegas Munawwar.

Desa Pancasan menargetkan akan menyelesaikan target perbaikan tata pelayanan publik ini pada tanggal 17 Agustus 2012. Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, pemerintah Desa Pancasan akan mensosialisasikan perubahan tersebut kepada masyarakat.


Artikel Terkait