Infest Yogyakarta

Belajar Bersama Menulis Daring YAP dan Infest Yogyakarta

Cover Image for Belajar Bersama Menulis Daring YAP dan Infest Yogyakarta

Beberapa petikan dalam diskusi Daring (Online)

Beberapa petikan dalam diskusi Daring (Online)

Yogyakarta- Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan, Sosial, Agama dan Kebudayaan (Infest) Yogyakarta dan Yayasan Air Putih menggelar belajar bersama menulis dan pengelolaan informasi secara dalam jaringan (daring/online) (31-01-2011). Kegiatan ini diikuti oleh  delapan pegiat  Yayasan Air Putih dan Infest Yogyakarta.  Belajar bersama ini berjalan baik meski hanya menggunakan teks melalui fasilitas chat #airputih irc.freenode.net. Fokus belajar bersama pertama ini adalah pemetaan informasi dan penulisan berita langsung.

Kegiatan belajar bersama tersebut dipandu oleh irsyadul Ibad (27) sebagai fasilitator. Penyampaian bahan ajar dilakukan melalui  teks dan gambar yang diunggah ke dalam portal. Dengan demikian, setiap perserta dapat menyaksikan langsung bahan ajar dan materi presentasi secara lengkap.

Menurut Akhmat Safrudin (26), koordinator belajar bersama, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi pegiat masing-masing lembaga. Pengelolaan informasi sebagai sebuah kebutuhan organisasi, diharapkan mampu dikuasai oleh setiap pegiat di masing-masing lembaga.

“Kami berharap bisa mengembangkan kapasitas dalam penulisan dan pengelolaan informasi organisasi,” tegas Safrudin melalui email yang disampaikan.

Kegiatan 3 jam  juga dibarengi dengan praktek penulisan. Sebagai ujicoba, setiap peserta memperoleh tugas untuk membuat satu berita langsung. Tulisan-tulisan tersebut nantinya akan diletakkan dalam portal http://makeitfossible.web.id dan http://airputih.or.id.


Artikel Terkait