Infest Yogyakarta

Belajar Bersama Infest: Penyuntingan Suara dengan Perangkat Opensource

Cover Image for Belajar Bersama Infest: Penyuntingan Suara dengan Perangkat Opensource

Pegiat Infest sedang berlatih Audacity

Pegiat Infest sedang berlatih Audacity

Yogyakarta- Lembaga Kajian Pengembangan Pendidikan, Sosial, Agama dan Kebudayaan (infest) Yogyakarta menyelenggarakan belajar bersama untuk pegiat dengan tema penyuntingan suara dengan audacity (11/01/2011). Kegiatan yang difasilitasi oleh Fika Murdiana, ahli penyuntingan suara menggunakan audacity, diikuti oleh seluruh pegiat Infest. Pegiat mengujicoba penyuntingan suara dengan menggunakan piranti lunak Audacity yang berbasis terbuka dan bebas (free and open source software).

Menurut Fika pengolahan suara memang merupakan aktivitas yang kerap dilakukan Infest sebagai bagian dari pengelolaan informasi. Karena itu setiap pegiat infest diharapkan terbiasa dan mampu menggunakan perangkat-perangkat standar dalam kerja organisasi termasuk Audacity.

“Ujicoba pengolahan suara juga dilakukan dengan untuk mengkonversi informasi yang telah tersedia dalam portal buruh migran dan portal informasi lainnya ke dalam bentuk suara. Informasi yang disajikan dalam bentuk suara memungkinkan kelompok tunanetra juga ikut bisa menikmati informasi,” tegas Fika.

Kegiatan belajar bersama Infest ini akan dilanjutkan dengan kelas-kelas lainnya dengan fokus yang berbeda. Kegiatan ini dijadwalkan secara rutin digelar setiap minggu untuk memperkuat kapasitas pegiat Infest.


Artikel Terkait