Infest Yogyakarta

Infest Kenalkan MDS di Desa Kedungsalam Malang

Cover Image for Infest Kenalkan MDS di Desa Kedungsalam Malang

Blog yang dibuat anak-anak Desa Kedungsalam berisi dokumentasi mereka tentang lingkungan sekitar

Blog yang dibuat anak-anak Desa Kedungsalam berisi dokumentasi mereka tentang lingkungan sekitar

Bersamaan dengan pelatihan kelola informasi yang digelar Pusat Teknologi Komunitas Rumah Internet TKI (PTK Mahnettik) Malang (25-26/12/10), beberapa anak disekitar PTK Mahnettik belajar mendokumentasikan kegiatan kampung.

Ditemani Fathulloh dan Fika Murdiana, pegiat infest Yogyakarta, anak-anak Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang berkenalan kegiatan mengenal desa sendiri (MDS). Rian, Risma, Khoirul, Edi, Mubin, dan Nanda mendiskusikan apa saja yang ada dikampung mereka, kemudian menentukan beberapa titik untuk dikunjungi dan digali informasinya.

Anak-anak dikenalkan teknik menggali informasi lewat wawancara, menulis informasi dan membuat blog. “anak-anak sangat bersemangat, jika sebelumnya mereka hanya bermain-main, dengan kegiatan MDS, sambil bermain mereka belajar membuat catatan tentang desa dan lingkungan sekitar” tutur Fathulloh.

Proses belajar MDS yang dilakukan anak-anak Desa Kedungsalam didokumentasikan disebuah akun webblog, http://arekkidulpasar.blogspot.com. Setiap anak yang telah membuat catatan kemudian belajar cara mengunggah informasi.


Artikel Terkait