Infest Yogyakarta

Dukung Penguatan Kapasitas Forum Warga Bantul, infest Gelar Pelatihan Fasilitasi

Cover Image for Dukung Penguatan Kapasitas Forum Warga Bantul, infest Gelar Pelatihan Fasilitasi

Pelatihan terbatas untuk penguatan kapasitas fasilitasi fasilitator Forum Warga Bantul digelar oleh infest (13/05/2010). Pelatihan terbatas ini diikuti oleh 6 fasilitator utama Forum Warga Bantul. Fokus pelatihan ini adalah memberikan teknik dasar fasilitaiasi masyarakat untuk advokasi isu-isu sosial. Dukungan penguatan kapasitas ini diselenggarakan oleh infest untuk memperkuat kapasitas jaringan yang tergabung dalam program sistem informasi warga (SIWA).

Menurut Misbah, koordinator Fasilitator Forum Warga Bantul, kegiatan ini didesain untuk diikuti oleh kelompok terbatas. Harapannya, kegiatan ini dapat memperkuat kapasitas fasilitasi yang dimiliki oleh para Fasilitator Forum Warga Bantul.

“Kegiatan ini sengaja diadakan secara terbatas supaya fokus,” tegas Tukas Misbah.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Ibad ini terfokus pada pengelolaan forum dan teknik pemetaan persoalan yang diperlukan oleh fasilitator. Pendalaman materi ini akan dilakukan melalui beberapa ujicoba fasilitasi yang akan dilaksanakan oleh Forum Warga Bantul di beberapa wilayah dampingan. Pelbagai kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Warga Bantul mengharuskan kepemilikan kemampuan pendampingan kuat bagi setiap fasilitator yang diterjunkan.

keluaran(output) lain dari kegiatan ini adalah kegiatan serupa yang akan diselenggarakan oleh Forum Warga Bantul untuk memperkuat kapasitas dan kemampuan fasilitator-fasilitator lainnya yang tergabung dalam jaringan Forum Warga Bantul.


Artikel Terkait